Sep 16, 2016

Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner

Tags

google search logo
Bagi seorang yang memiliki blog atau website tentunya keyword merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Baik keyword website secara keseluruhan atau pun keyword pada tiap – tiap artikel yang dibuat. Keyword yang diterapkan sangat berperan penting dalam mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimizer), SEO yang optimal akan lebih memberikan banyak pengunjung, sebaliknya website dengan SEO yang kurang optimal akan sagat menyulitkan kita untuk bersaing dengan website – website lain. Peran Riset Keyword disini sangat penting, dimana sebelum kita membuat artikel, Riset Keyword berguna untuk memberikan gambaran pada kita tentang topik apakah yang banyak orang cari saat ini sekaligus seberapa banyak sumber yang menyediakan tentang topik tersebut. Ketika ada salah satu topik dengan pencarian yang sangat tinggi tapi penyedia sumbernya sedikit, disitulah kesempatan baik kita untuk membuat artikel sesuai dengan topik tersebut dengan tingkat persaingan yang rendah di Search Engine, karena tingkat persaingan yang rendah otomatis artikel kita pun punya kesempatan yang besar untuk mendapatkan pengunjung. Salah satu tools yang dapat kita gunakan untuk Riset Keyword adalah Google Keyword Planner. Berikut langkah – langkah untuk melakukan riset keyword :

1. Daftar Ke Google AdWords

Google AdWords adalah fasilitas yang disediakan gratis oleh Google untuk para calon Advertiser untuk melakukan riset pasar sebelum melakukan iklan. Namun kita juga dapat memamfaatkan fasilitas ini untuk keperluar riset keyword bagi pemilik blog atau website. Silahkan kita buka Https://adwords.google.com/ , kita harus daftar menggunakan Gmail. Jika kita sudah memiliki akun AdWords silahkan untuk sign in.

Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner


2. Lakukan Riset Keyword

Setelah daftar silahkan kita masuk kea kun Google AdWords kita, akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner

Lalu pada menu kita pilih Alat kemudian kita pilih Perencanaan Kata Kunci seperti yang saya beri tkita pada gambar diatas. Kemudian akan muncul halaman baru seperti dibawah ini :

Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner

Untuk melakukan riset keyword kita pilih Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori. Lalu akan muncul beberapa kolom yang harus diisi (bisa isi beberapa kolom saja) seperti pada gambar berikut :

Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner

Pada gambar diatas saya mengambil contoh untuk riset keyword dengan kata Belajar SEO. Untuk penargetan saya pilih Indonesia, bahasa saya juga pilih Indonesia dan sumbernya saya pilih Google kemudian klik Dapatkan Ide. Hasilnya seperti berikut :

Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner

Dari hasil diatas dapat dilihat bahwa untuk keyword atau kata kunci Belajar SEO penulusuran perbulannya berkisar antar 1000 – 10 Rb dan tingkat Persaingan adalah Rendah. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan untuk keyword belajar SEO cukup bagus untuk digunakan sebagai keyword karena tingkat pencariannya perbulan lumayan dan persaingannya pun rendah. Selain itu kita bisa juga menggunakan keyword – keyword lain yang relevan dan hampir mirip yang otomatis muncul, pilihlah yang terbaik dan jadikan itu keyword. Sebagai catatan saja, jika kita memiliki website dengan target dari berbagai Negara saya sarankan untuk memakai bahasa inggris dan pada saat riset disesuaikan targetnya (semua Negara) dan pilih bahasa inggris.

Artikel Terkait

2 comments

Mantap mas tips nya, cocok buat Blogger pemula kaya saya :D