29 Jun 2017

Cara Setting 2 Alamat IP Pada 1 Komputer

Tags

Cara Setting 2 Alamat IP Pada 1 Komputer - Setelah sekian lama saya tidak update blog ini dimana terakhir saya buat artikel tentang Cara Menghilangkan Tulisan Subscribe To : Post (Atom) Pada Blog , kali ini saya akan coba membahas tentang hal yang sedikit ringan yakni tentang setting alamat IP pada komputer. Normalnya setiap komputer biasanya memiliki 1 alamat IP baik itu disetting secara statis atau pun dinamis, namun tidak jarang juga ada komputer yang membutuhkan lebih dari 1 alamat IP. Biasanya hal ini banyak dilakukan pada suatu komputer server yang mengatur sebuah sistem. Banyak tujuan yang melatarbelakangi  penggunaan 2 IP dalam satu komputer. sebelum mebahas cara setting 2 alamat IP pada 1 komputer, ada baiknya jika kita tahu dulu apa itu alamat IP atau IP Address.

Apa Itu IP Address?


IP Address atau Internet Protocol Address adalah Alamat untuk identifikasi tiap komputer dalam suatu jaringan. Biasanya IP Address juga digunakan untuk identitas dalam mengakses device tambahan seperti Router dan Printer.

Bagaimana Cara Mengatur IP Address Pada Komputer?


1. Masuk Pada Network And Sharing Center

Langkah pertama untuk mengatur IP address pada komputer adalah masuk pada pengaturan Network And Sharing Center. ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, Cara Pertama, buka Control Panel > Network And Sharing Center. Cara Kedua, klik Icon Connection pada pojok kanan bawah dan pilih Open Network And Sharing Center. Untuk cara kedua ini anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Setting 2 Alamat IP Pada 1 Komputer

2. Masuk Pada Menu Properties Device

Langkah kedua adalah masuk pada menu Properties device yang ingin diubah IP addressnya. Mungkin akan ada beberapa pilihan device disana, biasanya ada untuk jaringan LAN (kabel) dan Wireless. Pilih device mana yang anda gunakan dan ingin anda setting IP adrressnya. Setelah itu anda Klik Kanan pada device tersebut dan pilih Properties.

Cara Setting 2 Alamat IP Pada 1 Komputer

3. Masuk Pada Pengaturan Properties Internet Protocol Version 4

Langkah ketiga adalah masuk pada pengaturan properties Internet Protocol Version 4. Secara default ada 2 tipe Internet Protocol yakni Version 4 (TCP/IPv4) dan Version 6 (TCP/IPv6). Dalam artikel ini kita menggunakan yang version 4. pilih Internet Protocol Version 4 dan klik Properties.



4. Setting IP address anda

Langkah ini adalah langkah untuk setting IP address anda. sebelumnya telah saya tuliskan diawal jika IP address untuk settingnya ada 2 tipe yakni Statis dan Dinamis. Secara default biasanya telah diatur Dinamis, namun kita bisa mengaturnya sendiri secara statis. Perhatikan gambar berikut


Pada gambar diatas, jika anda ingin mengatur IP address secara dinamis, anda bisa pilih setting yang saya beri kotak warna biru dan bisa anda langsung klik ok. untuks etting statis langkahnya bisa anda lihat pada gambar diatas dengan garis warna merah. 

     1. IP Address

Hal yang anda harus atur pertama adalah IP Address. Format IP Address adalah berupa angka, contohnya 192.168.1.100 , dari contoh itu angka yang saya beri warna merah adalah angka yang tidak boleh sama antara komputer 1 dengan yang lainnya. Jadi misalkan angka 100 sudah dipakai oleh salah satu komputer, komputer lain harus menggunakan angka lain, dan angka yang bisa anda gunakan adalah angka 1 - 255. Untuk 7 angka sebelum angka warna merah harus sesuai dan sama dengan Default Gateway.

     2. Subnet Mask

Tidak perlu anda ubah - ubah untuk setting ini. Biasanya subnet mask secara default sudah terisi dengan angka 255.255.255.0.

     3. Default Gateway

Anda harus memperhatikan betul untuk setting Default Gateway ini. Jika anda berlangganan internet pastikan default gateway anda adalah IP Address yang dipakai  Router anda. Contoh jika anda memakai IP address 192.168.1.1 pada router anda, maka Default Gateway anda pun harus memakai 192.168.1.1 dan untuk setting IP Address anda bisa gunakan 192.168.1.2 - 192.168.1.255.

     4. Preferred DNS Server

Setting Preferred DNS Server anda bisa menggunakan DNS milik Google yakni 8.8.8.8. Dengan Alternate DNS Server 8.8.4.4.

Empat setting diatas adalah cara setting menggunakan 1 IP Adrress. Anda bisa langsung klik OK bila hanya ingin setting untuk 1 IP Address. Bila anda ingin komputer anda mempunyai 2 IP Address, anda bisa klik Advanced.

5. Setting IP Address kedua anda.

Setelah masuk menu Advance akan muncul tampilan setting baru. Perhatikan gambar berikut


Pada gambar diatas yang saya beri garis warna biru adalah setting yang telah dilakukan pada langkah ke 4. Ip Address yang bergaris biru adalah IP address pertama komputer. Untuk bisa menambah anda klik Add dan  masukkan IP Address dan Subnet Mask pada kolom baru yang muncul dan klik Ok


Untuk mengecek apakah komputer anda sudah memiliki 2 IP atau belum anda masuk pada Comment Prompt. kemudian anda ketikkan Ipconfig/all lalu enter, akan muncul keterangan berapa IP yang anda gunakan. contohnya adalah pada gambar berikut.


Pada gambar diatas perhatikan yang saya beri garis warna merah. Itu merupakan 2 IP address yang saya gunakan. Pertama adalah 192.168.1.1 dan yang kedua adalah 192.168.30.40.


Artikel Terkait